Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan Wajah dan Tubuh

Kulit buah semangka yang berwarna putih kehijauan ini ternyata banyak mengandung nutrisi. Ada banyak manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh. Senyawa likopen dalam kulit semangka dapat memberi perawatan kulit menjadi bersih alami. Kandungan antioksidan-nya bermanfaat menjaga tubuh dari pengaruh radikal bebas. Selain itu, kulit semangka juga mengandung asam amino yang penting untuk sistem pertahanan tubuh.

Berikut beberapa manfaat kulit semangka untuk wajah, rambut, ginjal dan kesehatan.

1. Manfaat Kulit Semangka untuk Wajah

Kulit semangka mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Diantaranya dapat meredakan efek kulit terbakar karena pengaruh sinar matahari. Selain itu, kulit semangka juga bermanfaat sebagai pelembab alami pada wajah. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama, dingingkan kulit semangka dalam kulkas selama kurang lebih 20 menit. Lalu gosokkan pada kulit wajah dan pijat pelan selama 10 menit.

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kulit semangka dapat menghilangkan debu dan polusi setelah seharian beraktifitas di luar. Kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dapat membuat kulit menjadi kusam. Selain itu, dengan menggunakan masker kulit semangka secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih lembut dan cerah. Karena kulit semangka akan memberikan kadar air yang lebih bagi wajah Anda.manfaat kulit semangka

2. Manfaat Kulit Semangka untuk Rambut

Kurangnya vitamin akan menyebabkan rambut menjadi rontok dan tidak ternutrisi. Kulit semangka kaya akan vitamin C, E, B3, B6, B7 dan B9 yang bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerontokan rambut. Apabila Anda mengalami kerontokan rambut, cobalah cara alami menggunakan masker rambut dari kulit semangka. Langkah-langkahnya sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pertama, kupas kulit terluar semangka (ambil bagian putih-nya saja). Haluskan kulit semangka menggunakan blender atau ditumbuk. Peras dan saring lumatan kulit semangka tadi lalu ambil sarinya. Kemudian oles dengan rata pada rambut dan kulit kepala sembari dipijat pelan. Bungkus dengan handuk dan diamkan selama kurang lebih 1 jam sebelum mandi. Terakhir bilas rambut hingga bersih.

3. Manfaat Kulit Semangka untuk Ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang wajib dijaga dengan baik. Karena apabila kondisi ginjal tidak normal, maka tubuh akan kesulitan memfilter darah dan mengeluarkan toxic dalam tubuh. Kulit semangka mempunyai kandungan asam amino sutrulin serta arginin yang mampu melancarkan proses pembentukan urine. Sehingga kotoran dan racun dalam ginjal dapat dikeluarkan dari tubuh.

4. Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan

Selain bermanfaat bagi kesehatan ginjal, kulit semangka juga dapat mencegah risiko terkena penyakit jantung. Karena di dalamnya terkandung kalium yang mampu memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kerja jantung. Senyawa asam amino di dalamnya juga mampu menyehatkan pembuluh darah. Oleh sebab itu kulit semangka juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat.

Anda dapat mengonsumsi kulit semangka dalam bentuk jus buah selain mengonsumsi bagian daging buahnya. Minumlah dengan rutin 3 kali sehari tanpa disaring. Kandungan serat dalam kulit semangka juga dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan. Anda pun dapat terhindar dari risiko terkena konstipasi. Bagi yang sedang dalam proses diet, konsumsi jus kulit semangka tentu sangat dianjurkan.

Sekian beberapa penjelasan mengenai manfaat kulit semangka untuk kesehatan tubuh yang telah disajikan. Meski rasa kulit semangka tak semanis daging buahnya, namun kandungan nutrisinya tak kalah bermanfaat bagi kesehatan. Namun perlu diingat, berhati-hatilah dalam memilih buah semangka. Usahakan yang terbebas dari pestisida, tetapi Anda juga bisa meminimalisir efek tersebut dengan mengupas bagian kulit luarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *