Manfaat Kulit Pisang yang Wajib Diketahui

Kebanyakan orang ketika mengonsumsi buah pisang pasti bagian kulitnya langsung dibuang. Padahal manfaatnya begitu besar dan tak kalah dengan daging buahnya. Kali ini akan dibahas mengenai beberapa manfaat kulit buah pisang kepok dan ambon bagi kesehatan dan kecantikan. Jadi tak perlu obat dan perawatan yang mahal, cukup dengan bahan alami dari kulit pisang Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Berikut cara pengolahan kulit pisang dan manfaat kulit pisang yang wajib Anda ketahui

1. Cara Membuat Masker Kulit Pisang

Masker kulit pisang dapat dibuat dengan berbagai cara. Anda bisa menggunakan langsung dengan cara menggosok bagian dalam kulit pisang di bagian yang diinginkan. Selain itu, dapat juga diolah dengan cara ditumbuk. Lebih simple lagi, Anda bisa langsung memblender halus kulit pisang dengan tambahan sedikit air. Pastikan pisang yang digunakan masih fresh dan baru dikupas untuk hasil maksimal.

2. Manfaat Kulit Pisang untuk Wajah

Kandungan vitamin B, C, B6, magnesium, fosfor, kalium serta zat besi yang terkandung pada kulit buah pisang bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Salah satu manfaatnya yakni dapat membasmi jerawat. Kandungan anti jamur dan anti-oksidan nya dapat mengurangi kadar minyak berlebih penyebab jerawat. Selain itu juga dapat mengatasi rasa gatal dan iritasi sehingga proses penyembuhannya berlangsung cepat.

Semakin bertambahnya usia, permasalahan keriput wajah akan beriringan muncul. Kulit pisang diyakini bisa menghambat proses terjadinya kerutan di wajah. Jika Anda tidak mau hal itu terjadi, lakukanlah perawatan wajah menggunakan kulit pisang. Anda dapat mengaplikasikannya dalam bentuk masker wajah. Lakukanlah perawatan menggunakan masker wajah dari kulit pisang 3 kali seminggu agar hasilnya maksimal.manfaat Kulit Pisang untuk kesehatan

3. Manfaat Kulit Pisang untuk Gigi

Kulit pisang juga bermanfaat bagi kesehatan gigi. Salah satunya dapat memutihkan gigi secara alami. Kandungan zat potassium, mangan serta magnesium-nya dapat memutihkan lapisan email gigi. Cara penggunaannya sangat mudah. Gosokkan bagian dalam kulit pisang dengan gerakan melingkar pada gigi selama kurang lebih 3 menit. Lalu bersihkan gigi dengan kumur dan menggosok gigi seperti biasa.

4. Manfaat Kulit Pisang untuk Rambut

Kulit pisang yang sering dibuang ternyata mengandung manfaat baik bagi kesehatan rambut. Anda dapat menambahkan kulit pisang yang sudah dipotong-potong pada shampo dan conditioner yang biasa digunakan sebagai ekstra nutrisi. Cara ini dapat mengurangi permasalahan rambut rontok dan bercabang. Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikannya dalam bentuk masker rambut selama 30 menit lalu dibilas.

5. Manfaat Kulit Pisang Ambon dan Kepok

Manfaat kulit pisang ambon dapat mengobati luka karena cedera. Terutama di bagian lutut yang sering menjadi objek terjadinya luka ketika jatuh. Caranya dengan menggosok pelan bagian dalam kulit buah pisang yang masih baru di bagian luka. Selain itu, kulit buah pisang juga dapat digunakan sebagai pelindung mata dari sinar UV berbahaya. Sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya katarak.

Berbeda dengan cara mengobati luka, untuk perlindungan sinar UV pada mata, Anda perlu menjemur dahulu kulit pisang beberapa saat. Kemudian gosokkan pada kelopak mata dengan hati-hati. Tumbukan kulit pisang juga dipercaya dapat menghilangkan sakit kepala atau migrain. Anda hanya perlu menempelkan tumbukan tersebut di bagian dahi dan menunggu beberapa saat sampai rasa sakit mereda.

Manfaat kulit pisang kepok ternyata juga berkhasiat menurunkan kadar stress. Penelitian yang dilakukan oleh pakar Amerika menyatakan jika konsumsi jus kulit pisang hangat dapat menurunkan tingkat emosi. Hal ini disebabkan karena kulit pisang memiliki kandungan triptofan yang dapat menaikkan serotonin. Sehingga suasana hati dapat berangsur membaik dan emosi seseorang dapat menjadi seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *