Manfaat Kulit Jeruk untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan

Buah jeruk kaya akan vitamin C, begitu juga pada kulitnya. Ada banyak manfaat kulit jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Kandungan flavonoid dan fitonutrien-nya lebih banyak terdapat di kulit jeruk dibandingkan pada daging buahnya. Senyawa flavonoid ini dapat memperbaiki struktur DNA yang berpotensi menjadi kanker. Selain itu, kulit jeruk juga mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Berikut manfaat kulit jeruk untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

1. Manfaat Kulit Jeruk Nipis

Sama dengan daging buahnya, kulit jeruk nipis juga bermanfaat untuk mencegah datangnya kolesterol jahat. Di dalamnya terdapat senyawa anti-kolesterol yang membantu tubuh memerangi kolesterol jahat dan LDL akibat pola makan dan gaya hidup yang kurang baik. Selain itu, kesehatan jantung juga lebih meningkat karena plak-plak kolesterol di luar jantung dapat dilibas dan berkurang.

Kulit jeruk nipis juga berkhasiat mengurangi rasa mulas pada perut. Selain itu, kulit jeruk nipis ternyata juga dapat menangkal kemungkingan tumbuhnya sel kanker yang tidak normal dalam tubuh. Seperti kanker usus besar, kanker prostat, kanker hati hingga kanker payudara. Jadi sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan. Anda bisa menyajikannya dalam bentuk air perasan atau dapat juga dijadikan infused water.

2. Manfaat Kulit Jeruk Lemon

Vitamin C yang terkandung dalam buah lemon bermanfaat sebagai antioksidan sehingga dapat melindungi tubuh dan membuat daya tahan menjadi lebih kuat. Antioksidan alami tersebut dapat menghadang segala bentuk radikal bebas, kuman, virus hingga bakteri penyebab penyakit. Anda dapat menyajikannya dalam bentuk infused water dari kulit lemon sebagai minuman sehat.manfaat kulit jeruk

Kulit lemon ternyata juga mengandung kadar kalsium yang tinggi dan baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Setiap hari kalsium pada tulang kita perlahan-lahan terkikis dan terbuang bersamaan urine. Sehingga semakin bertambahnya usia, kepadatan tulang pun akan semakin berkurang. Dengan rajin mengonsumsi lemon setiap harinya, kepadatan tulang Anda tetap terjaga, semakin kuat dan sehat.

3. Manfaat Kulit Jeruk Bali

Kulit jeruk bali mempunyai kandungan senyawa fitoesterogen yang dapat menghambat kinerja osteoklas. Osteoklas ini memberikan efek perombakan pada tulang sehingga menyebabkan seseorang menderita osteoporosis. Dengan menambahkan kulit jeruk bali pada susu berkalsium dinilai sangat bermanfaat baik untuk menghindarkan seseorang dari kemungkinan osteoporosis.

4. Manfaat Kulit Jeruk untuk Wajah

Kulit jeruk ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan wajah. Seperti mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah, mengurangi kelebihan minyak, melembutkan kulit dan mencerahkan wajah agar tidak terlihat kusam. Anda dapat mengaplikasikan berbagai macam kulit jeruk dalam bentuk scrub, toner ataupun masker di wajah.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk wajah sangatlah mudah. Untuk toner, Anda bisa memasaknya dengan air hingga mendidih, diamkan hingga semalam lalu simpan di kulkas. Setelah itu, toner dari kulit jeruk siap digunakan. Jika untuk masker, Anda bisa mencampurkan kulit jeruk dalam bentuk bubuk dengan madu secukupnya. Kemudian oles ke wajah dan diamkan hingga 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat.

5. Manfaat Kulit Jeruk untuk Gigi

Bagi yang suka minum teh dan kopi, biasanya warna gigi akan tampak lebih menguning. Ada banyak produk pemutih gigi yang beredar luas di pasaran. Namun jika Anda ingin mencoba cara alami, bisa coba langkah-langkah berikut ini. Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit jeruk ke gigi sekitar 2 hingga 3 menit, kemudian bilas. Lakukanlah secara rutin minimal 2 kali sehari agar gigi tampak lebih putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *