Manfaat Kulit Buah Naga dan Berbagai Jenis Olahannya

Sering sekali kulit buah naga akan langsung dibuang dan tidak dimanfaatkan dengan baik. Padahal didalamnya terdapat kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Anda dapat mengonsumsinya dalam berbagai bentuk olahan seperti keripik, jus hingga manisan kulit buah naga. Dimana pada bagian kulit buah naga mengandung taraxast, triyepene dan pentacylic yang bermanfaat baik untuk kelancaran peredaran darah. 

Berikut manfaat kulit buah naga untuk wajah dan kesehatan tubuh serta berbagai olahannya.

1. Perawatan Alami Kulit

Kulit buah naga mengandung vitamin C, vitamin E dan antioksidan tinggi yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan antioksidannya dapat menangkal segala bentuk radikal bebas sehingga mencegah kulit menjadi kering dan kusam. Bagi Anda yang sering melakukan aktifitas di luar, ada baiknya secara rutin mengonsumsi jus kulit buah naga atau teh kulit buah naga. Minuman tersebut akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari berbahaya.

Selain itu, Anda juga dapat mengaplikasikan kulit buah naga dalam bentuk masker wajah. Caranya sangat mudah. Pertama, pisahkan bagian dalam dan luar kulit buah naga, ambil bagian dalamnya saja. Kemudian tumbuk hingga halus atau dapat juga dihaluskan menggunakan blender. Lalu oles ke wajah Anda seperti menggunakan masker pada umumnya. Lakukan perawatan tersebut seminggu 3 kali agar kulit terhindar dari keriput, komedo dan jerawat.

2. Melenturkan Pembuluh Darah

Kulit buah naga mengandung senyawa yang dapat melenturkan pembuluh darah. Seperti yang sudah disinggung di bagian awal, senyawa tersebut merupakan taraxast, pentalyc, triyepene yang mampu menyehatkan serta melenturkan pembuluh darah. Jadi kulit buah naga ini merupakan terobosan baru di dunia kesehatan yang dapat digunakan untuk penyembuhan masalah penyempitan pembuluh darah secara alami.

3. Pengobatan Tumor

Manfaat lain dari kulit buah naga yakni sebagai obat untuk menyembuhkan tumor. Senyawa di dalamnya sangat aktif menghambat tumbuhnya sel-sel tidak normal yang berpotensi menjadi tumor. Anda dapat menyajikannya dengan berbagai bentuk olahan seperti minuman herbal, manisan hingga keripik kulit buah naga. Cara membuatnya pun sama dengan pembuatan keripik pada umumnya. Anda hanya perlu menambahkan bumbu sesuai selera.manfaat kulit buah naga

4. Pendeteksi Formalin dan Boraks

Saat ini, keberadaan formalin dan boraks yang terkandung dalam makanan memang sangat mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? Penggunaan bahan tersebut pada makanan dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang sangat fatal seperti tumor, kanker hingga kerusakan otak. Kulit buah naga ternyata bisa dijadikan alat deteksi adanya formalin dan boraks dalam makanan. Caranya sangat mudah dilakukan sendiri di rumah.

Pertama, potong kulit buah naga dan rendam dalam air yang telah dicampur perasan jeruk nipis. Tunggu hingga berubah warna menjadi merah. Setelah itu, celupkan tissu ke air rendaman kulit buah naga dan tempel tissu ke makanan yang ingin diuji. Apabila tissu tidak berubah warna maka makanan tersebut aman dikonsumsi. Namun jika berubah warna menjadi pudar atau kembali putih berarti makanan tersebut positif mengandung formalin dan boraks.

Sekian beberapa manfaat kulit buah naga untuk wajah dan kesehatan tubuh yang telah disajikan. Tentu ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari si kulit buah naga ini. Selain daging buahnya yang lezat, kulitnya pun bisa dijadikan berbagai macam olahan seperti jus kulit buah naga, manisan kulit buah naga hingga keripik kulit buah naga yang bermanfaat. Jadi Anda pun tidak harus mengonsumsinya dalam bentuk obat herbal saja. Selamat mencoba.

Manfaat Kulit Buah Naga dan Berbagai Jenis Olahannya | Fuentes | 4.5